Pemandangan Tumpukan Sampah Terlihat di Sungai Perwira Sari

LINGKARBEKASI.COM – Bekasi – Sampah domestik menumpuk dan air sungai yang berwarna hitam terlihat di kali RW.08 Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara.

Menurut Sekertaris Lurah, Arif Ridwan, tumpukan sampah di kali RW.08 Perwira Sari karena ulah warga sendiri. Ia mengungkapkan, sebulan sebelumnya saat Wakil Walikota Bekasi mendatangi RW.08, sampah di aliran kali sudah di bersihkan.

Sekertaris Lurah Perwira, Arif Ridwan

“Sebelum Wakil Wali Kota datang, sekitar sebulan lalu, kali itu sudah di bersihkan. Saya baru tahu, sekarang kembali di penuhi sampah. Ini karena kesadaran warga sendiri yang tidak ada. Asumsi saya, mungkin ada beberapa warga yang tidak bayar iuran sampah, akhirnya membuangnya ke kali,” ungkap Arif Ridwan di Kantor Lurah Perwira, Rabu (21/11/2018).

Ia mengatakan, akan terus berkoordinasi dengan ketua RW terkait untuk menegur warganya yang kedapatan membuang sampah ke kali.

“Saya akan ingatkan ketua RW, untuk tegur warganya. Tapi apabila warganya masih melakukan hal yang sama, akan kita berikan sangsi. Apa sangsinya, nanti akan kita bicarakan,” tegas Sekertaris Lurah Perwira.

Sementara itu, Camat Bekasi Utara Lukman Hakim menyatakan, saat ini truck sampah area Bekasi Utara tertahan di area pembuangan sampah Bantar Gebang.

“Kronologinya seperti apa saya kurang paham, yang jelas, sejak kemarin truck sampah utara ga bisa keluar dari bantar gebang,. Kalau truck sampah sudah bisa keluar, saya utamakan di kali perwirasari terlebih dahulu,” kata Camat Utara, Lukman Hakim.

Dari informasi yang di terima terkait penumpukan sampah, Lukman Hakim bergegas menghubungi instansi terkait agar kali di RW.08 segera di bersihkan. (ILH/ADP)