Kali Jambe Tambun Bekasi Diserbu Sampah Kiriman

Hujan yang mengguyur Bogor dan sebagian wilayah Bekasi menyebabkan Kali Jambe diserbu tumpukan sampah kiriman hingga Selasa pagi, 29/19.

Sampah tersebut masih memenuhi Kalijambe Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Hingga kini belum ada aktifitas pembersihan dan pengangkutan sampah baik dari warga maupun aparat setempat.

Tumpukan sampah plasitk dan sampah rumah tangga memenuhi permukaan KaliJambe, Desa Satria Jaya Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Sampah-sampah ini tertahan oleh potongan kayu bahkan kasur dan perabotan rumah sehingga mampet tak bergerak. Sampah menumpuk hingga sepanjang sepanjang 200 meter.

Meski begitu belum terlihat adanya aktifitas membersihkan kali meski sampah sudah menggunung sejak Senin kemarin. Sebelumnya ribuan kubik sampah bergerak di aliran Kalijambe pasca hujan deras mengguyur wilayah Bogor dan Bekasi Minggu petang lalu. Gelombang sampah ini mengalir mengikuti air menuju hilir sungai. Senin siang sejumlah warga dan petugas desa memantau aliran sampah tersebut.

Menurut Ruslan salah seorang warga, “Sampah terlalu banyak tidak mungkin secara manual masyarakat, ini membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk penanganannya”.

Sedangkan Jamaludin (Sekdes Satria Jaya) menuturkan, ”Kami berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Bekasi yang dengan program ‘Bekasi Baru Bekasi Bersih’ tolong cepat disikapi”.

Warga berharap Pemkab Bekasi segera menurunkan alat berat sebelum musim hujan tiba. Karena khawatir sampah akan menyebabkan banjir dan sumber penyakit.

Sumber: liputan6.com