Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara Anggota DPR RI Hj. Nur Azizah Tamhid

LINGKARBEKASI.COM – Anggota DPR RI asal Dapil Jawa Barat VI meliputi kota Depok dan kota Bekasi, Hj. Nur Azizah Tamhid, BA.MA, melakukan kegiatan Sosialisaai Empat Pilar MPR RI yang berlangsung di RM Sederhana, Jalan Caman raya, Pondokgede, kota Bekasi, Selasa, (4/2/2020).

Dalam paparannya Hj. Nur Azizah Tamhid menjelaskan empat pilar berbangsa dan bernegara dalam kerangka Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Negara RI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR RI, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.

Kemudian berdasarkan Tap MPR nomor IV/MPR/2001 tentang etika kehidupan berbangsa kita menghadapi tantangan kebangsaan secara internal yakni, masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit.

Kedua, pengabaian terhadap kepentingan daerah serta timbulnya fanatisme kedaerahan. Ketiga, kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinekaan dan kemajemukan.

Keempat, kurangnya keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagai pemimpin dan tokoh bangsa. Dan kelima, tidak berjalannya penegakkan hukum secara optimal.

Sedangkan secara ekternal, pengaruh globalisasi dan kapitalisme menjadi tantangan kehidupan yang semakin luas dan persaingan antar bangsa yang semakin tajam. Kemudian makin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional.

Selain itu juga politisi senior perempuan Partai Keadilan Sejahtera yang juga istri mantan Walikota Depok 2 periode ini menjabarkan terkait pokok pokok dan intisari nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar ideologi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, serta Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Acara yang dimulai sejak pukul 13.00 hingga 16.00 diakhiri dengan tanya jawab seputar empat pilar dan juga terkait persoalan persoalan kebijakan pemerintah pusat yang berkaitan langsung dengan komisi IV DPR RI bidang keagamaan dan lainnya serta ditutup dengan rangkaian photo bersama peserta.

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Dandim Kota Bekasi dan Jajaran, Camat Pondok Gede, Tokoh Masyarakat Kota Bekasi, Anggota Dewan Kota Bekasi, Komunitas Peduli Lingkungan, Komunitas Pemerhati Lingkungan, JSIT Kota Bekasi, Himpaudi Kota Bekasi, Himpaudi Kecamatan Pondok Gede, IGTK Kec.Pondok Gede, Komunitas Muda Kota Bekasi, Tokoh Muda, Komunitas Senam Nusantara, Komunitas Peduli Autis, Struktur DPD dan DPC PKS Kota Bekasi, Forkabi, HILMI FPI, Komunitas Peduli Anak (Mitra Pelaksana Kegiatan), BKO PKS, PKK. (denis)