Kepada Heri Koswara, Pentolan Komunitas Lingkungan Bicara Soal Solusi Banjir Di Kota Bekasi

Kepada Heri Koswara, Pentolan Komunitas Lingkungan Bicara Soal Solusi Banjir Di Kota Bekasi

LINGKARBEKASI – Banjir menjadi persoalan rutin tahunan di Kota Bekasi. Setiap tahun selalu ada daerah yang terkenang banjir. Kalau sudah musim hujan, kota Bekasi pasti menghadapi banjir. Banyak dana terserap untuk itu. Banyak energi tercurah untuk itu. Tapi tetap saja banjir terjadi lagi dan lagi.

Tema tentang banjir ini mengemuka dan menjadi perbincangan saat Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara bersilaturahmi ke Rumah Sopan yang dibangun tokoh lingkungan Dr. Sony Teguh Trilaksono, M.Ed, MBA di Jl. Kodau No 4 Rt 005/013, Jatimakmur, Pondok Gede, Kota Bekasi.

Bekasi ada di titik cekungan, sehingga dari zaman dahulu daerah ini sudah tidak asing lagi dengan banjir.

Bisakah terhindar dari masalah banjir?

Sony Teguh mengatakan tidak dengan cara-cara yang ditempuh saat ini, karena menurutnya banjir tidak bisa dihadapi hanya dengan mengeruk sampah dan membuat pompa air di tempat genangan. Kalau itu yang dilakukan, banjir tidak akan bisa teratasi di Kota Bekasi.

Menurutnya, Banjir di Kota Bekasi harus diatasi dengan pendekatan penegakan hukum. Yang buang sampah di kali, yang membangun rumah di bantaran kali, perusahaan yang membuang limbah ke kali, yang menutup saluran-saluran air, perusahaan pelanggar lingkungan harus bisa ditindak dengan tegas. Harus diberikan sangsi sesuai dengan peraturan yang ada.
“Hanya dengan penegakan hukum yang ketat, persoalan banjir bisa diharapkan dapat teratasi,” kata Sony Teguh dalam silaturrahmi dengan Heri Koswara.

Sony Teguh layak bicara keras soal lingkungan. Selain pendiri Rumah Sopan (Seni, Olahraga, Pendidikan, Akhlak dan Niaga), dan juga sebagai pembina OI (fans Iwan fals) beliau memang pentolannya komunitas lingkungan. Mengolah sampah, menanam pohon, menyuburkan tanah, membuat sumur resapan dan memproduksi media tanam serta pupuk.

“Saya berdiskusi singkat tentang lingkungan. Dan kata kuncinya yang dia pesankan kepada saya, mengatasi lingkungan di Kota Bekasi membutuhkan seorang pemimpin yang bisa mendorong penerapan aturan hukum dengan tegas,” pungkas Heri Koswara yang mulai mendapatkan banyak dukungan untuk maju menjadi Calon Wali Kota Bekasi tahun 2024 nanti. (*)