Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman Joewono Putro : Bijak Olah Sampah hingga jadi Berkah

Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman Joewono Putro : Bijak Olah Sampah hingga jadi Berkah

LINGKARBEKASI – Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman Joewono Putro, mengapresiasi kegiatan Kopi Darat (Kopdar) BOS (Bijak Olah Sampah) Nusantara, Komunitas Peduli Pengelolaan Sampah di Aula Kantin Komplek Perumahan Kemensos, Jl. HM. Joyo Martono, Margahayu, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Minggu (13/6/2021).

“Bijaklah mengelola sampah maka sampah akan menjadi barokah. Mudah-mudahan menjadi visi dari setiap orang, setiap pemimpin atau siapapun mereka, dengan setiap levelnya masing-masing, sehingga sampah harus lebih berkah dan menjadi instrumen berkesinambungannya lingkungan hidup kita,” Kata Chairoman yang saat itu hadir mengenakan jas dan blangkon khasnya.

Lelaki yang akrab dipanggil Bang Choi ini juga menyampaikan pengalaman ketika di Jepang, bahwa warga Jepang sangat disiplin dan sadar mengelola sampah.

“Di Jepang setiap hari pengelolaan sampah sudah definitif, sampah apa yang boleh dibuang oleh rumah tangga, sampah dimasukkan ke dalam kantung yang berbeda warnanya, sehingga jika ada sampah yang tidak sesuai dengan peruntukkannya maka akan diberikan Punishment (hukuman),” Kata Chairoman menjelaskan pengalamannya ketika tinggal di Jepang.

Menurut beliau TPS (Tempat Pembuangan Sampah) Bantar Gebang Kota Bekasi menjadi TPS terbesar di Asia Tenggara yang sering dijadikan objek penelitian oleh para ahli dan akademisi menjadi lab penelitian sampah terbesar.

Bijak Olah Sampah ( BOS ) Nusantara adalah Komunitas Peduli Pengelolaan Sampah yang akan mengintegrasikan budidaya maggot untuk pakan peternakan juga perikanan serta pertanian dan memanfaatkan sampah menjadi fungsi-fungsi daya guna lainnya untuk memajukan Ekonomi Kreatif rakyat serta bangsa Indonesia.

Acara KOPDAR (Kopi Darat) ini dihadiri oleh Erwin Alexander selaku Founder dan inisiator BOS, Gunawan selaku Perwakilan Balai Kemensos RI Bulak Kapal Bekasi Timur juga puluhan pemerhati pengolahan sampah dari berbagai daerah, kemudian mengangkat Chairoman sebagai DEWAN Penasihat Bijak Olah Sampah (BOS) Nusantara. ( RAM )