Ketua DPRD Kota Bekasi Dorong Pelaku UMKM dan Koperasi Agar Terus Berkembang di Masa Pandemi

LINGKAR BEKASI- Masa pandemi Covid memang berdampak sangat besar pada sektor ekonomi masyarakat. Selain banyak usaha yang merugi dan bangkrut, ada juga yang meraup untung. Hal ini pun banyak dirasakan para pelaku UMKM dan Koperasi di Indonesia, khususnya di kota Bekasi.

Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman Juwono Putro menyatakan semangat bertumbuh dan berkembang para pelaku UMKM juga harus selalu ada agar denyut perekonomian masyarakat tetap terjaga.

“Kita sangat merasakan bahwa di tengah pandemi covid-19 ini peran para pelaku UMKM & Koperasi untuk tetap menghidupkan & menggairahkan roda ekonomi di Kota Bekasi sangat dirasakan masyarakat Kota Bekasi.
Di tengah PPKM darurat dengan kebijakan penutupan Mall di Kota Bekasi, maka usaha UMKM tetap bergerak dan berputar melayani kebutuhan masyarakat,” katanya beberapa waktu lalu usai menghadiri acara dengan para pelaku UMKM dan Koperasi Kota Bekasi.

Pandemi ini, kata Bang Choi membuat para pelaku UMKM harus bertransformasi melakukan transaksi lebih dari 80% secara online atau digital, dan ini ternyata banyak pelaku UMKM yang mendapatkan cukup keuntungan bahkan omsetnya tumbuh berkembang di tengah pandemi dengan transaksi online/digital.

“Bahkan yang menggembirakan adalah ketika saya menerima audiensi komunitas Ekspor-Import Patriot Kota Bekasi, yaitu sebagian besar Ibu-ibu para pelaku UMKM sudah mulai melakukan Eksport produk UMKM Kota Bekasi ke manca negara ; Rumania, Brazil dan Jepang,” jelasnya.

Dirinya mendorong para pelaku UMKM bisa terus berkembang, dan DPRD Kota Bekasi siap mendukung dengan kebijakan-kebijakan yang bisa membuat para pelaku UMKM semakin kondusif tumbuh & berkembang. Manfaatkan era digital ini untuk mengembangkan usaha UMKM dengan bertransformasi mengikuti perkembangan digitalisasi.

“Saya juga berterima kasih kepada Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kota Bekasi yang mengundang Saya untuk meresmikan gedung dekopin yang baru sekaligus hadir dan memberikan sambutan pada puncak hari koperasi Indonesia Kota Bekasi,” ucapnya.

Koperasi & UMKM, kata Chairoman adalah para pahlawan Ekonomi di masa pandemi ini, oleh karena itu sinergi & kolaborasi Koperasi & UMKM harus semakin kuat agar UMKM & koperasi bisa tumbuh dan maju bersama meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bekasi.

Era digital juga harus dihadapi oleh Koperasi dengan kesiapan transformasi digitalisasi, sehingga masyarakat semakin dimudahkan untuk mengakses koperasi meski di era pandemi yang terbatas ini.

“Akhirnya Saya mengucapkan apresiasi kepada UMKM & Koperasi Kota Bekasi yang mampu tumbuh di masa Pandemi. DPRD Kota Bekasi selalu siap berkolaborasi dan siap menerbitkan kebijakan-kebijakan yang menguntungkan bagi tumbuh dan berkembangnya UMKM & Koperasi Kota Bekasi.,” Pungkasnya. (LB)