HAN 2021 Ketua DPRD Apresiasi Kota Bekasi Dapat Predikat Kota Layak Anak Level Nindya

LINGKARBEKASI.COM – Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman J Putro menyatakan apresiasi atas keberhasilan Kota Bekasi meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) level Nindya pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Juli lalu. Penghargaan level ketiga setelah level Pratama dan Madya. Sementara penghargaan tertinggi adalah level Utama dan kelima adalah level Kota Layak Anak. Adapun untuk level tertinggi, Chairoman menyatakan belum banyak kota kabupaten di Indonesia yang meraih predikat level Kota Layak Anak, oleh karena itu ia berharap kota Bekasi layak anak level Nindya bisa mewujud segera dan menyeluruh.

“Di event HAN ini kota Bekasi mendapatkan berita baik yakni penghargaan kota layak anak level Nindya.
Pengharapan tertinggi. Belum ada kota kabupaten di Indonesia yang dapatkan predikat kota dengan predikat tertinggi yaitu Kota layak anak. Baru Surabaya, Denpasar, Solo dan Jogja.
Di Jabar ada 3 yang mendapatkan Ninda. Kota Bekasi, Depok dan Tasik. Yang menarik Bandung dulunya Nindya turun jadi Madya,” jelasnya.

Kendati warga Kota Bekasi patut berbangga dengan predikat Layak Anak Level Nindya, menurut Chairoman tetap harus kepada esensi bahwa kota layak anak berarti menciptakan sebuah kota yang kondusif untuk tumbah kembang anak. Di kota tersebut, hak-hak anak terpenuhi dan lingkungan hidup kondusif untuk tumbuh kembang anak-anak.

“Anak tumbuh dan berkembang, sehat, maju, bisa hidup mengekspresikan dirinya dan termasuk terlindungi dari faktor yang mengancam pertumbuhan mereka. Tidak hanya infrastruktur tapi regulasi dan sarana prasarana dari infrastruktur perkotaan bisa dibangun, misalnya sekolah ramah anak, ruang bermain ramah anak, pusat kreativitas anak, pusat pembelajaran keluarga,” imbuhnya.

Oleh karena itu meskipun kota Bekasi sudah Nindya tapi, kata Chairoman masih banyak catatan yang harus diperbaiki. Belum banyak infrastruktur yang mendukung, ungkapnya usai menghadiri acara puncak kegiatan Hari Anak Nasional Tingkat kota Bekasi tahun 2021 yang diselenggarakan di Balai Patriot bertema Anak Terlindungi Indonesia Maju, Anak Kota Bekasi Nyaman dan Ceria dengan Tagline ‘Anakku Peduli Di Masa Pandemi’ Kamis (5/8/2021).

“Regulasi sudah cukup bagus ada Perda no 13 tahun 2017 terkait kota layak anak. Ini kita sahkan untuk mempercepat pencapaian seluruh kriteria sekitar 5 kluster pemenuhan hak anak. Namanya Perda kota layak anak. Ada juga Perda no. 14 tahun 2017 yaitu penyelenggaraan taman bermain keluarga,” imbuhnya.

Kota layak anak, kata Chairoman harus didukung kondusifnya ketahanan keluarga, sebagai komponen moda sosial terkecil yang harus diperkuat. Jika keluarga kuat, maka Semakin kuat keluarga, maka sosial semakin kuat sehingga kita bisa jadi kota Layak anak.

“Di sini membutuhkan intervensi program dari pemerintah daerah untuk percepatan,” tambahnya. (Denis)