Ketua DPRD Kota Bekasi Tegaskan Makna HUT RI dan Muharram sebagai Semangat Hijrah

LINGKARBEKASI- Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman J. Putro atau yang akrab dipanggil Bang Choi menyampaikan makna peringatan ulang tahun RI ke 76 yang jatuh di bulan Muharram sebagai penegasan semangat untuk berhijrah. Peringatan kemerdekaan di awal tahun hijriah tidak lepas dari Piagam Madinah sebagai konstitusi negara bangsa pertama yang menghargai perbedaan suku, agama, keyakinan dan gender. Ada satu kesamaan dalam semangat hijrah yaitu keinginan untuk membentuk negara yang melindungi. Bhinneka tunggal Ika, itulah tujuan bernegara.

“Makna kedua adalah mengingatkan kembali kepada generasi Milenial yang lahir di tahun 90-an, generasi gadget yang hidup di era posmo, dengan hingar bingar BTS, McD, Tiktok, pendeknya generasi instan, untuk kembali mengingat warisan nilai kepahlawanan. Indonesia merdeka tidak muncul secara instan. Ada perjuangan, ada air mata, darah, keringat yang tertumpah untuk menunjukkannya,” kata Chairoman.

Catatan penting tentang makna kemerdekaan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Bekasi pada malam syukuran HUT RI ke-76 sekaligus peresmian penggunaan jalan lingkungan setelah dilakukan pengecoran jalan dengan dana bersumber dari APBD Kota Bekasi di wilayah RT 07/RW 05, Perumahan Pondok Melati Indah, Jatiwarna.

Menjawab pertanyaan warga tentang kelanjutan pembangunan Bang Choi hanya berujar singkat, “Beranilah Bermimpi, mulailah dibangun pemikiran bahwa pembangunan yang dikerjakan saat ini adalah buah dari mimpi setahun yang lalu! Buatlah perencanaan, sampaikan, dan kawal agar mimpi menjadi kenyataan!”

Acara ditutup dengan pengguntingan pita tanda peresmian jalan Jl. Bukit Gundaling. Kemudian berkeliling ke Jl. Bukit Barisan Raya. Jl. Sinabung, Jl. Krakatau Raya, dan terakhir ke Jl. Krakatau I.(*)