BPJS Kesehatan Tinjau Langsung Efektifitas Sistem Antrean Online di RS Hermina Galaxy

LINGKARBEKASI.COM – Pada tahun 2017 lalu, BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi digital yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi peserta. Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang di desain oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi peserta JKN-KIS.

Aplikasi ini lengkap memuat informasi seputar Program JKN-KIS. Aplikasi Mobile JKN bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS untuk mendapatkan informasi maupun melakukan perubahan data tanpa perlu datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Dalam perkembangannya banyak perubahan dalam aplikasi tersebut salah satunya kini tersedia fitur
“Pendaftaran Pelayanan” yang memberikan kemudahan bagi peserta untuk melakukan registrasi dalam mendapatkan pelayanan/ berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) tanpa datang terlebih dahulu.

Dengan memilih fitur Pendaftaran Pelayanan maka peserta akan mendapatkan nomor antrian di fasilitas kesehatan. Untuk memastikan sistem antrean online telah berjalan dengan baik di FKRTL, Kepala Bidang
Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Bekasi Santy Debora menyambangi Rumah Sakit Hermina Galaxy pada Selasa (31/08/2021). Rumah sakit tersebut merupakan salah satu FKRTL di Kota Bekasi yang telah mengimplementasikan antrean online.

“Kami sangat mengapresiasi Rumah Sakit Hermina Galaxy yang telah menjalankan sistem antrean online. Dengan implementasi ini, diharapkan akan mempermudah peserta dalam mendapatkan layanan di fasilitas kesehatan. Peserta juga tidak perlu datang langsung ke rumah sakit untuk
mendapatkan nomor antrean, tapi cukup dengan menggunakan fitur antrean online pada aplikasi Mobile JKN, yang dapat diakses dari rumah sehingga memangkas waktu tunggu peserta,” terang Santy.

Peserta dapat mengakses fitur Pendaftaran Pelayanan pada Mobile JKN, pada fitur tersebut peserta
dapat memperoleh nomor antrean di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) tanpa harus datang ke tempat tujuan.

“Peserta tidak perlu datang pagi-pagi ke FKTP untuk mendapatkan nomor antrean, sekarang sudah ada Mobile JKN yang memudahkan peserta agar bisa mendapatkan nomor antrean baik di klinik atau Puskesmas, sehingga peserta bisa memperkirakan kapan dipanggil untuk pemeriksaan oleh dokter tanpa menunggu lama di rumah sakit,” jelas Santy lebih lanjut.

Direktur Rumah Sakit Hermina Galaxy, W.F.P Kaunang menyampaikan bahwa rumah sakitnya berkomitmen dan maksimal dalam memberikan layanan terbaik kepada peserta yang datang dan sangat mendukung Program JKN-KIS dengan inovasi-inovasi yang telah dikembangkan.

“Semoga pengguna sistem antrean ini terus bertambah. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung sehingga sangat diperlukan antrean online ini. Mohon bantuan juga kepada semua pihak terkait untuk mensosialisasikan hal ini agar program ini dalam berjalan dengan baik dan diharapkan semua pihak,” ujarnya.

Selain mengurai antrian pendaftaran, pada masa pandemi covid saat ini tentu antrian online sangat
bermanfaat dalam upaya pencegahan transmisi Covid-19 di FKTP maupun di FKTRL.(VM/pm)