Pegiat HAM Bekasi Gelar Training Dasar Advokasi Menegakkan Keadilan di Tengah Pandemi

Bekasi- Training Advokasi Dasar (TADA) Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Indonesia Cabang Bekasi raya digelar di Aula Andalusia Yayasan Binaul Umah, Margahayu, Bekasi Timur, kota Bekasi Sabtu hingga Ahad (4-5/9/2021).

Direktur PAHAM Indonesia Cabang Bekasi Raya, Sri Andriyani, S.H, menyatakan pelatihan kali ini mengusung tema ‘Merajut Keadilan ditengah Pandemi bagi Pegiat HAM’. Tema ini diangkat melihat kondisi pandemi yang berdampak pada perubahan hampir di segala bidang kehidupan termasuk dunia advokasi.

Menurutnya, training advokasi dasar ini memuat program pengajaran tentang advokasi khususnya advokasi terhadap kaum lemah, masyarakat tidak mampu dan masyarakat yang membutuhkan lainnya.

“Bagi pegiat Hak Asasi Manusia yang menjunjung tinggi keadilan, maka menjadi penting untuk tetap dapat menegakan nilai – nilai keadilan, dan tidak kehilangan idealisme di tengah kondisi tersebut,” ujar Sri lewat sambungan telepon selulernya.

Sementara itu, ketua pelaksana Dedi Suwarno, S.H menjelaskan kegiatan yang rutin dilakukan setiap pergantian kepengurusan. Periode tahun 2021-2024 ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bekasi Chairoman Joewono Putro, B.Eng, M.Si.

Peserta Training Advokasi Dasar berjumlah sepuluh orang dengan mengikuti protokol kesehatan ketat, pada training kali ini diadakan secara blanded, atau juga dilakukan secara online bagi peserta yang berada di luar daerah.

Sebagai Nara sumber hadir beberapa pembicara ternama, baik dari kalangan Akademisi, Aktivis, dan Praktisi Hukum, diantaranya Zainuddin Paru, S.H.,M.H (Urgensi Advokat perspektif Dakwah), Hoirullah, S.Sy (Visi Misi, Program dan Kepengurusan PAHAM INDONESIA), Arah Madani, S.H. (Dasar-dasar Advokasi), Busyraa Nasution S.H.,M.H (Nilai-nila dasar perjuangan) yang hadir di hari pertama.

Sementara di hari kedua menghadirkan Anatomi Muliawan, S.H, LL.M (Hukum Acara Pidana), DR. Asri Hayat Saputra, S.H., M.H ( Hukum Acara Perdata), Nurul Amalia, S.H., M.H ( Hukum Perburuhan).