Pengabdian Mahasiswa UNISMA Bekasi melalui Pelatihan Desain Poster dan Gerakan Sadar Prokes kepada Anak-Anak Sanggar KABASA

Mahasiswa Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi telah berhasil melaksanakan KKN-DT (Kuliah Kerja Nyata Domisili Tinggal) mulai dari tanggal 24 Agustus – 31 Agustus 2021 bersama anak-anak Sanggar Karya Anak Bangsa (KABASA) dengan tema Menerapkan Protokol Kesehatan 6M Serta Pelatihan Desain Poster di Aplikasi Canva.

Di era pandemic ini menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19. Dengan tubuh yang sehat virus akan sulit masuk kedalam tubuh. Imunitas sendiri sangat disarankan oleh WHO (World Health Organization).

Demi mematuhi protokol kesehatan, Nuril Hayat sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi dari KKN-DT Kelompok 11 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Siti Khadijah, M.Si melakukan kegiatan KKN DT (Kuliah Kerja Nyata Domisili Tinggal) secara mandiri sesuai aturan yang ditetapkan yaitu KKN di tempat domisili masing-masing yang dimana kegiatan ini di lakukan secara luring (luar jaringan) karena tempat KKN berada di zona hijau covid-19 dan hanya di lakukan di sekitar lingkungan RT 03.

Program kerja ini dilakukan dengan memberikan tampilan power point dengan materi prokes 6m serta mempraktikan tata cara menjaga kesehatan di masa pandemic Covid-19. Seperti olahraga dan materi yang diberikan sudah mencakup mulai dari memakai masker yang baik dan benar serta pentingnya menjaga kesehatan.

“Saat melakukan KKN-DT (Kuliah Kerja Nyata Domisili Tinggal) ini Nuril tetap mengikuti aturan yang ada dan meminta izin dahulu kepada Guntur Kurniawan, S.IP sering dipanggil A Iwan selaku pimpinan serta pembina Sanggar KABASA dan Bapak Subur selaku RT 03. Meskipun program ini di laksanakan di zona hijau bebas covid-19 tetap harus menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan RT setempat,“ Ujar Nuril Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unisma Bekasi.

“Selama masa pandemi covid-19 ada 6M yang harus di terapkan yaitu memakai masker, mencuci tangan/ menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi kerumunan, membatasi mobilitas dan menjaga kesehatan tubuh di masa pandemic covid-19 ini,“ lanjutnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari selasa (24/8) di Salah Satu Rumah Singgah Anak Jalanan, Yatim dan Dhuafa yang bernama Sanggar Karya Anak Bangsa (KABASA) yang terletak di Jl KH Mas Mansyur RT 03 RW 02, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

“Sedangkan pada kegiatan pelatihan desain poster dilakukan setelah sosialisasi covid-19 yang mana pengaruh teknologi dan informasi pada masa sekarang merupakan hal cukup penting yang harus dimiliki setiap individu baik dalam dunia kerja maupun pendidikan, salah satu nya yaitu meguasai Aplikasi pembuat desain yaitu Canva,“ tuturnya.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus sampai 31 Agustus 2021 kepada remaja usia 15-17 tahun yang belajar disalah satu Rumah Singgah Anak Jalanan Yatim dan Dhuafa yang bernama Sanggar Kabasa. Anak-anak usia remaja yang memiliki potensi besar dalam kemampuan desain grafis. Yang menjadi fokus dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini sosialisasi dan pemanfaatan aplikasi Canva yang digunakan untuk edit desain.

“Dalam kegiatan pelatihan desain ini para remaja di Sanggar KABASA sangat antusias mengikuti pelatihan desain poster dan cukup cepat memahami materi serta praktik yang diberikan oleh Nuril sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi KKN-DT Universitas Islam 45 Bekasi,“ jelasnya.

“Terima kasih banyak A Nuril sudah memberikan materi serta praktik pelatihan desain poster, saya jadi bisa membuat desain poster yang tadinya tidak faham menggunakan Aplikasi Canva dan membuat desain poster,“ Ucap Suhada salah satu peserta KKN-DT Unisma Bekasi.

Nuril mengatakan bahwa diera pandemic covid-19 generasi milenial terutama para remaja tidak ada alasan untuk mengeluh, harus tetap semangat dan kreatif. Tujuan dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini diberikan kepada masyarakat sekitar RT 03 sebagai edukasi pencegahan covid-19 terutama kepada remaja di Sanggar Kabasa.

Nuril berharap kepada anak-anak terutama remaja Sanggar KABASA mampu menyadari akan pentingnya kesehatan tubuh di era pandemic covid-19 ini dan kedepannya mampu menggunakan aplikasi canva dengan sebaik-baiknya untuk pembuatan desain poster, banner dan lainnya, sehingga anak-anak mampu menyadari akan pentingnya menguasi aplikasi tersebut di zaman millennial sekarang ini.

Penulis: Nuril Hayat, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa, Universitas Islam 45 Bekasi.