Heri Koswara Terpilih Menjadi Ketua Umum LASQI Bekasi

Bekasi (9/10) – H. Heri Koswara, M.A. terpilih menjadi Ketua Umum DPD LASQI Kota Bekasi (Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia).

Keputusan tersebut diawali oleh rapat koordinasi dengan sesi perkenalan antara pengurus lama dan pengurus baru di RM Joglo Kembar, Jatiasih, Kota Bekasi.

Menurut Heri Koswara, seni qasidah adalah tradisi budaya masyarakat Bekasi yang memiliki peran yang penting dalam menebarkan dakwah Islam di tengah-tengah masyarakat.

“Hanya saja, salah satu seni Islam ini perlahan mulai ditinggalkan dengan derasnya arus budaya asing yang masuk mewarnai keseharian masyarakat Indonesia,” ujar Heri yang juga Ketua Asosiasi Futsal Kota Bekasi itu.

Oleh karenanya, menurut Heri, LASQI perlu bekerja sungguh-sungguh untuk melakukan pengembangan-pengembangan dalam seni qasidah ini agar dapat kembali dinikmati masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua Harian LASQI, H. M. Qomar menambahkan bahwa LASQI merupakan lembaga nasional yang tidak hanya mencakup seni qasidah, tetapi termasuk di dalamnya: marawis, hadrah, dan gambus.

“Kelompok seni dan qasidah ini mencapai ratusan jumlahnya di kota Bekasi ini, hanya semua masih berjalan masing-masing dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah,” kata H. M. Qomar.

Rencananya LASQI DPD Kota Bekasi akan mempersiapkan Festival Seni Qasidah se-Kota Bekasi yang akan diikuti oleh perwakilan dari setiap kelurahan yang ada.

Harapannya, Heri Koswara dapat mengangkat kembali Seni Qasidah ini dalam khazanah kesenian masyarakat Kota Bekasi.[NIH]