Peringati IBK’ Day, Cagar Foundation – Rumah Autis Perkuat Komitmen Memberdayakan Insan Berkemampuan Khusus

LINGKARBEKASI.COM – Bekasi (14/12) – Sebagai lembaga sosial yang memilki komitmen terhadap Insan Berkemampuan Khusus (IBK) Cagar Foundation – Rumah Autis telah menggelar event “IBK’s Day” dengan misi Future of Empowerment di Auditorium LSPR Bekasi pada Sabtu, 11 Desember 2021 melalui Zoom Meeting dan juga Live Streaming Youtube yang dihadiri oleh Lembaga serupa, Komunitas, Pemerintahan, Perusahaan juga IBK Inspirasi Berdaya.

“Tujuan diadakan acara ini untuk membangun kepedulian dan juga perhatian dari masyarakat serta Negara, diharapkan event ini bisa menjadi momentum bagi pemberdayaan Insan Berkemampuan Khusus untuk hidup lebih mandiri, mampu berkarya dan bekerja.” Tutur Irna Lecta, Manager Komunikasi dan Fundraising
Sejak lahirnya IBK’s Day pada tahun 2019, Cagar Foundation – Rumah Autis menyelenggarakan berbagai program pelatihan untuk Insan Berkemampuan Khusus di antaranya pelatihan memasak, pelatihan membuat keset, pelatihan membuat baju tie dye dan juga pelatihan membuat bros serta konektor. “Melalui program berkelanjutan ini diharapkan menambah skill dan melatih pengembangan motorik mereka, agar komitmen yang dibangun semakin banyak memberdayakan Insan Berkemampuan Khusus.” sambung Irna Lecta, Manager Komunikasi & Fundraising Cagar Foundation.

Selain program pelatihan pemberdayaan Insan Berkemampuan Khusus, rangkaian acara lain dari IBK’s Day 2021 yaitu Kontes Fotografi yang sudah diikuti lebih dari 60 peserta dengan tema foto “IBK Bahagia Berdaya” yang di-upload di Instagram IBKs Day.

Peringatan IBK’s Day ini juga dihadiri sejumlah tokoh seperti: Sekjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Idit Supriadi Priatna, Staff Khusus Kementrian Ketenagakerjaan, Hj. Hindun Anisah, Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas, Deka Kurniawan, Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, Ketua DPRD Bekasi, Chairoman J Putro serta LSM dan juga 300 undangan lainnya.

“Kegiatan IBK’s Day yang diinisasi oleh Cagar Foundation dan Rumah Autis sudah merupakan koridor tugas dan tanggung jawab kita sebagai elemen bangsa, sudah banyak yang muncul kesadarannya, bukan cuma menggaungkan tapi juga memberdayakan IBK. Upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak ini yang menjadi tanggung jawab kita semua” dalam sambutan Deka Kurniawan, Wakil Ketua Komisi Nasional Disabilitas.

Dalam perhelatan di peringatan Hari Insan Berkemampuan Khusus Cagar Foundation mendeklarasikan hari yang monumental, mengubah tanggal lahir Insan Berkemampuan Khusus menjadi tanggal 6 Oktober. Momen ini diambil ketika Presiden Jokowi meruntuhkan kata “DIS” dari kata DISABILITY, hingga menyisakan kata “ABILITY” pada momentum Asian Paragames 2018 di Jakarta, dan menjadi Hari Insan Berkemampuan Khusus Nasional mulai tahun 2022 dan seterusnya.

Event IBK’s Day sudah mendapatkan dukungan yang luas dari berbagai pihak, bukan hanya donasi financial, tapi juga dukungan dan ucapan dari beberapa perusahaan, pemerintahan Tokoh dan juga beberapa selebriti tanah air.

Memahami Insan Berkemampuan Khusus membutuhkan ruang dan dukungan, event IBK’s Day ini di dukung oleh PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) Persero, London School of Public Relations (LSPR), CSR PT Bank Permata, DPRD Kota Bekasi, Ayam Bakar Gentong dan Donasi Barang. (*)