Ratusan Siswi Jakarta Islamic Girls Boarding School Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk Silat

LINGKARBEKASI.COM – Bogor – Sebanyak 100 siswi Jakarta Islamic Girls Boarding School (JIGSc) antusias mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk Silat pada Rabu (9/3/2022).

Di tengah guyuran hujan gerimis yang membasahi arena lapangan, mereka tetap bergeming dengan serius mengikuti arahan dari para pelatih untuk ujian kenaikan tingkat.

Ujian tersebut juga dihadiri oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia periode 2004-2009, Adhyaksa Dault.
Adhyaksa mengatakan bahwa seorang pendekar silat itu harus kuat ikrar, iman, mental, dan fisiknya untuk mempertahankan diri, membela agama, bangsa, dan negara.

Lebih lanjut, ia optimis dengan masa depan lulusan JIGSc yang ditempa dengan kurikulum yang mumpuni.

“Saya melihat masa depan sekolah JIGSc ini sangat bagus, karena anak-anak di sini sehari-hari menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab serta ditambah tahfiz quran. Dan sekarang mereka dilengkapi dengan ilmu bela diri karena ada hubungannya bela diri dengan karakter,” ujarnya kepada awak media, Rabu (9/3/2022) di lapangan Jakarta Islamic Girls Boarding School (JIGSc), Lemah Neundeut, Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Sementara itu, Founder JISc (Jakarta Islamic School), Fifi Proklawati Jubilea, S.E., S.Pd., M.Sc., Ph.D, yang akrab disapa Mam Fifi, mengapresiasi para siswa JIGSc yang telah berlatih keras untuk ujian kenaikan tingkat sabuk silat tersebut.

Lebih lanjut, Mam Fifi menjelaskan ekskul pencak silat merupakan salah satu ekstrakurikuler unggulan JISc yang telah banyak menorehkan prestasi. Misalnya, pada turnamen yang diikuti oleh 389 atlet tingkat SD se-Jakarta dan Tangerang, JISc Joglo memperoleh juara pada 2018.

Selain itu, JISc juga meraih 3 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu pada turnamen pencak silat yang diselenggarakan di Jakarta Barat tersebut.

Ujian Kenaikan Tingkat kali ini diikuti oleh 160 peserta, yaitu sebanyak 60 peserta dari Jakarta Islamic Boys Boarding School (JIBBS) dan sebanyak 100 peserta dari Jakarta Islamic Girls Boarding School (JIGSc).

Tentang JIGSc

JIGSc merupakan bagian dari Jakarta Islamic School yang didirikan oleh Mam Fifi, sebuah boarding school untuk perempuan dengan konsep “Mendidik ala Ibu”.

Sekolah ini memiliki program tahfiz, menerapkan internasional kurikulum Edexcel UK, Islamic Program, Diknas, skill keputrian dan rumah tangga, serta bisnis muslimah. (*)