Aparatur Pemkot Bekasi Lakukan Gerebek K3 di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

LINGKARBEKASI.COM – Kota Bekasi – Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup menggagas giat Gerebek K3 yang serentak dilakukan pada Minggu, 05 Juni 2022 oleh seluruh Aparatur di Kecamatan dan Kelurahan se- Kota Bekasi yang didasari oleh Surat Edaran Plt. Wali Kota Bekasi Nomor: 660.2/1375/Dinas.LH

Gerebek K3 dimulai dengan Apel Pagi di Plaza Pemkot Bekasi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Zeno Bachtiar. Apel Pagi juga dilakukan serentak di setiap wilayah Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Bekasi sebelum dimulainya Gerebek K3.

Adapun sasaran kegiatan dari Gerebek K3 ini adalah seputar menjaga kebersihan lingkungan sekitar dari sampah-sampah liar yang dapat merusak kenyamanan dan keindahan lingkungan.

“Gerebek K3 hari ini (05/07/2022) kami semua lakukan dengan membersihkan sampah liar, membersihkan saluran atau drainase, memotong rumput atau memangkas pohon, membersihkan spanduk atau baliho yang sudah tidak terpakai, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pembersihan sampah dan lingkungan yang tentunya dilakukan oleh semua Aparatur sampai dengan tingkat Kecamatan/Kelurahan,” ungkap Zeno, Sekretaris DLH.

Lokasi Gerebek K3 pun tersebar di banyak titik, tidak hanya di titik-titik pada pusat wilayah, melainkan tersebar sampai ke permukiman-permukiman warga.

“Titik lokasi pun disebar ke banyak tempat dan diatur oleh masing-masing Kecamatan/Kelurahan tidak hanya di pusatnya saja, melainkan ke banyak area dimana perlu dilakukan pembersihan secara gotong royong melibatkan semua unsur termasuk Tim Kebersihan DLH yang ada di setiap wilayah se- Kota Bekasi,” ucap Zeno.

“Hal ini tentunya tidak lain bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar lingkungan sekitar tetap indah dan nyaman bagi para warga. Gerebek K3 pun juga berkontribusi untuk melindungi bumi dari limbah sampah yang berlebihan yang dapat mencemarkan dan membahayakan lingkungan,” tambah Zeno.

Gerebek K3 juga merupakan sebuah gagasan yang fokusnya adalah untuk menanamkan rasa kepedulian tinggi terhadap Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3) lingkungan kepada seluruh warga Kota Bekasi.

“Rasa peduli yang tinggi terhadap kebersihan lingkungan harus dimulai dan dicerminkan dari kami, Pemerintah/Aparatur -nya kepada para warga, dan harapannya Gerebek K3 dapat rutin juga dilakukan oleh para warga menyambung dari apa yang telah kami (Pemerintah Kota Bekasi) lakukan untuk menjaga lingkungan,” tutur Zeno.

(Humas Pemkot Bekasi)