Kantor Kecamatan Tambun Selatan Berikan Layanan Prioritas Warga Disabilitas

LINGKARBEKASI.COM – Pelayanan administrasi di kantor kecamatan Tambun Selatan dinilai ramah disabilitas. Berdasarkan pantauan kami langsung di lapangan saat meliput pelayanan bagi masyarakat. Kami melihat pelayanan yang responsif dan cepat petugas Satpol PP di kecamatan mulai dari mengarahkan hingga melayani kebutuhan penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah setiap harinya bisa dilihat masyarakat yang kita layani luar biasa penuhnya. Memang sarana dan prasaran kita masih kurang seperti kursi tunggu insya Allah kita akan benahi,” ujar Junaefi Camat Tambun Selatan yang kami temui, Senin (27/6/2022).

Menurut Junaefi saat ini memang sedang berbarengan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun 2022 dimana masyarakat sangat membutuhkan layanan administrasi kartu keluarga, kartu tanda penduduk dan lainnya.

“Untuk disabilitas memang semua pelayanan kita baik dari staf dan Satpol PP sudah kita sampaikan supaya hal hal tersebut kita lebih prioritaskan pelayanannya dan tidak usah mengantri,” jelasnya.

Fasilitas closet duduk untuk kamar kecil bagi penyandang disabilitas juga disediakan. “Untuk ramah disabilitas kita penuhi meskipun belum sempurna minimal kita berikan pelayanan maksimal,” katanya.

Sementara itu, Uni warga kampung Buaran datang ke kantor kecamatan Tambun Selatan bermaksud untuk membuat KTP elektronik bagi anaknya sebagai syarat untuk melanjutkan sekolah anaknya di YPAC Surakarta.

“Alhamdulillah pelayanannya bagus. Tadi baru datang langsung dilayani. diprioritaskan. Nggak usah antre. Untuk pelayanan di sini bagus untuk dicontoh di kantor kecamatan lain,” katanya kepada lingkarbekasi.com

Dalam sehari masyarakat yang datang ke kantor kecamatan Tambun Selatan bisa lebih dari 500 orang untuk mendapatkan pelayanan, kata Junaefi

Mulai dari pagi hingga sore masyarakat yang datang silih berganti dan tidak menumpuk dalam satu waktu yang bersamaan. Petugas Satpol PP juga mengatur dan mengarahkan masyarakat di lokasi pelayanan.

Untuk luas bangunan dan halaman kantor kecamatan yang berada di wilayah perkotaan seperti Tambun Selatan ini relatif sangat terbatas dan sempit. Apalagi melayani masyarakat dengan jumlah penduduknya yang hampir 500 ribu jiwa

“Insya Allah tahun depan di sisi atau sayap kanan kantor kecamatan akan dibangunan tambahan karena memang dengan jumlah karyawan yang banyak ditambah juga dengan pelayanan yang banyak kami membutuhkan ruangan yang lebih representatif,” pungkasnya. (Dns)