PAD Capai 52 Persen DPRD Pastikan Anggaran Pembangunan Infrastruktur Aman

LINGKARBEKASI.COM – Ketua Komisi III DPRD Kota Bekasi, Murfati Lidianto menyatakan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Bekasi hingga pertengahan tahun ini sebesar 52 persen, artinya anggaran sudah cukup aman dan dinas terkait bisa merealisasikan anggaran pembangunan pada bulan Agustus mendatang.

“Kalau PAD kita sudah diambang pertanggal 7 Juli ini sudah 44 persen sekian. Diharapkan akhir bulan ini sudah mencapai 52 persen. Kemungkinan bisa 55 persen artinya aman,” ujarnya kepada lingkarbekasi.com diruang kerjanya Selasa (26/7/2022).

Soal kondisi anggaran pembangunan insfrastruktur yang realisasinya akan dilaksanakan pada bulan Agustus ini, politisi partai Gerindra ini menjamin aman dan tidak akan meleset lagi.

Menurutnya, dalam rapat kerja komisi III dengan Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) hingga akhir bulan ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa mencapai 55 persen dari target 2,8 triliun tahun ini. Sementara sisanya, kata Murfati, biasanya grafiknya akan melaju cepat pada bulan Oktober mendatang.

Sumber PAD tersebut didapat dari pajak parkir, retribusi, PBB, restoran, air tanah dan hiburan. Untuk itu, Disperkimtan, PUPR akan banyak menyerap dan melaksanakan pembangunan infrastruktur di bulan Agustus ini.

Ditanya soal lemahnya penyerapan anggaran APBD ia mengatakan kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan adanya refocusing anggaran sehingga berdampak signifikan terhadap pembangunan infrastruktur di kota Bekasi. (Denis)