Dewan H. Edi Dorong Orang tua Ikut Program BIAN

 

LINGKARBEKASI.COM – Seluruh wilayah kota dan kabupaten melaksanakan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) selama bulan Agustus 2022. Diharapkan program ini menjadi sarana efektif demi terwujudnya generasi penerus bangsa yang sehat dan handal di masa mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Golkar Persatuan, H Edi, turut mengingatkan tentang pentingnya imunisasi dalam menjaga kekebalan tubuh generasi penerus bangsa sehingga tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

“Anak itu aset bangsa, dan untuk itu sudah menjadi tanggungjawab kita para orang tua agar anak kita terlindungi dengan cara diberikan imunisasi yang lengkap. Dengan imunisasi yang diterima, insya Allah akan memberikan ketahanan dan kekebalan tubuh bagi anak-anak kita agar tidak mudah terserang penyakit atau virus berbahaya,”ucap H. Edi pada Selasa (9/8).

Untuk itu, Edi berharap program BIAN di bulan Agustus ini dapat dilaksanakan secara maksimal dan mendapat dukungan dari seluruh stakeholder termasuk para orang tua.

“Silahkan datang ke Posyandu, Puskesmas serta fasilitas kesehatan lainnya untuk diberikan imunisasi sesuai dengan kebutuhan bayi dan balita bapak/ibu,” ucapnya.

Menurut H. Edi, imunisasi merupakan salah satu upaya agar anak-anak kita bisa menjadi generasi yang sehat. “Sehingga bisa berdaya saing serta ikut berkontribusi positif bagi bangsa dan negara,” tegasnya.

Sekedar informasi Data Cakupan Imunisasi dasar lengkap tahun 2021, terdapat 5.713 Anak di Kota Bekasi belum mendapatkan Imunisasi dasar lengkap selama pandemi Covid-19. Penurunan cakupan imunisasi akan mengakibatkan timbulnya daerah-daerah kantong yang berpotensi menjadi sumber kasus-kasus atau Kejadian Luar Biasa (KLB) pada penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) seperti penyakit campak, rubella, difteri, polio dan sebagainya.

Pemerintah Daerah Kota Bekasi bersama dengan Forkopimda hingga masyarakat berperan penting dalam menyukseskan program BIAN meliputi kegiatan imunisasi tambahan campak rubella dan imunisasi untuk melengkapi status imunisasi balita. (ADV/PARLEMENTARIA)