Aspirasi Warga Bekasi

Akademisi UMP: Pemekaran Banyumas Solusi Bagi Ketimpangan Ekonomi, Sosial dan Pembangunan

banner 468x60

LINGKARBEKASI.COM – Akademisi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Aman Suyudi menyatakan Pemekaran wilayah Kabupaten Banyumas diharapkan menjadi solusi atas permasalahan dan ketimpangan yang terjadi. Bentangan wilayah yang sangat luas saat ini dinilai penyebab kurang maksimalnya pelayanan kepada masyarakat.

“Pemekaran wilayah bila tujuannya adalah dalam rangka menjadi solusi atas ketimpangan-ketimpangan ekonomi, sosial dan pembangunan yang selama ini terjadi itu baik. Dan memang secara geografis wilayah Kabupaten Banyumas sangat luas. Ketika dibagi menjadi 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) tentunya akan memudahkan masyarakat,” tuturnya

banner 325x300

Hal itu disampaikan kepada media saat berkunjung kediamannya di Perumahan Puri Hijau Karangklesem, Purwokerto, Kabupaten Banyumas pada Ahad (14/4/2024).

Perlu diingat pemekaran nantinya akan sangat berkaitan dengan kekuasaan dan dominasi partai politik.

Menurut Doktor Bidang Ilmu Pertanian Unsoed ini, partai politik manapun yang nantinya menguasai atau mendominasi diharapkan bisa menciptakan pemerataan pembangunan, kemampuan ekonomi dan kemudahan pelayanan publik yang baik dan penuh berkah.

“Yang terpenting adalah pemekaran ini nantinya membawa peningkatan pemerataan pembangunan, pemerataan kesejahteraan dan ekonomi, peningkatan pengabdian kepada masyarakat yang penuh keberkahan. Untuk apa pembangunan di semua wilayah bagus, pelayanan baik tapi tidak ada keberkahan,” tegasnya.

Oleh karenanya, kata Aman, PR-PR pemekaran benar-benar harus dipersiapkan secara matang agar pemekaran wilayah Kabupaten Banyumas bisa menjadi harapan semua pihak yaitu menuju masyarakat Banyumas yang adil dan sejahtera. (Siti)

banner 325x300